PEMBAHASAN
masyarakat yang terus meningkatkan karena banyak konflik, stress, kecemasan danfrustasi, adannya pelanggaran disiplin adanya ambisi kelompok yang menimbulkankonflik psikis dan fisik, pelarian masalah melalui jalan pintas, yakni obat-obatterlarang dan seks bebas.Persoalan yang timbul silih berganti tersebut antara manusia yang satu denganyang lain tidak sama dalam mengatasi problem yang muncul, ada yang membutuhkanbantuan orang lain dan ada yang tidak membutuhkan bantuan orang lain. Adapunyang membutuhkan bantuan orang lain tersebut perlu adanya bimbingan konseling.
B. Tujuan Bimbingan Konseling dalam Buku Organisasi Administrasi BK diSekolah karya Drs. Dewa Ketut Sukadi yang meliputi;
1. Bagi Siswa- Siswa dapat memperkembangkan pengertian danpemahaman diri dan kemajuannya di sekolah.- Siswa dapat mengembangkan pengetahuan tentang duniakerja, kesempatan kerja, sesuai dengan tingkatanpendidikannya dan dalam lapangan kerja secara tepat.- Siswa dapat mewujudkan penghargaan terhadapkepentingan dan karya diri orang lain.- Siswa dapat memiliki kemampuan untuk mengatasikesulitan dalam memahami dirinya dan lingkungan baik disekolah, keluarga, dan kehidupan masyarakat.- Siswa dapat mengatasi kesulitan dalammengidentifikasikasi dan memecahkan masalah yangdihadapinya.2. Bagi Guru- Bersifat preventif, dengan tujuan menjaga jangan sampai
siswa mengalami kesulitan-kesulitan, menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.- Bersifat preservative, yaitu menjaga yang baik agar tetapbaik, jangan sampai keadaan yang telah baik menjaditidak baik.- Bersifat korektif, yaitu mengadakan konseling kepadasiswa yang mengalami kesulitan, yang tidak dapatdipecahkan sendiri, dengan membutuhkan bantuan oranglain.
C. Yang Berhak Menjadi Konselor di Sekolah menurut Drs. Bimo Walgitodalam karyannya yang berjudul Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah,memaparkan;
1. Pembimbing di sekolah dipegang oleh orang khusus dididik menjadikonselor, yaitu orang yang merupakan tenaga khusus untuk mengerjakan pekerjaan itu dengan tidak menjabat pekerjaan lain.2. Pembimbing di sekolah dipegang oleh guru pembimbing (teacher conselor), yaitu guru yang disamping menjabat guru di sekolah.
BAB III PENUTUP
Kesimpulan
Dari uraian makalah di atas dapat disimpulkan bahwa bimbingan konseling perludiaplikasikan dalam sekolah karena kesulitan-kesulitan praktisi pendidikan terutamadisiswa dapat teratasi, selain itu juga dapat mengimprovisasikan potensi siswa sehinggasiswa mampu mengenal pribadinya dan dapat mengaktualisasikan potensi yang dimilikisecara tepat.Demikianlah makalah ini penulis paparkan, saran dan kritik yang membangunbagi pembaca sangat diperlukan guna kesempurnaan makalah in